Tips menggunakan kamus Bahasa Inggris

14 Dec

Hi guys,

How are you today? Well I guess it’s my time to write another article for you.. ;)

Untuk yang ingin baca artikel tentang grammar, harap sabar ya. Sekarang saya ingin memberikan tips cara menggunakan kamus Bahasa Inggris yang baik. Sebelumnya, saya ingin tahu nih, buat kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris, sudahkah kamu memiliki kamus Bahasa Inggris? Jika ya, seberapa sering kamu menggunakannya?

Ada berbagai macam kamus berdasarkan bahasa, ukuran, fungsi, dan medianya. Dalam tulisan ini kita secara khusus membicarakan kamus yang menunjang proses belajar Bahasa Inggris kamu. Berikut daftar beberapa kamus yang penulis gunakan sehari-hari:

1) Kamus Inggris-Indonesia oleh John M. Echols & Hassan Shadily. Sejauh ini adalah kamus dwi-bahasa terlengkap untuk mencari makna kata dalam Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.

2) Kamus Indonesia-Inggris oleh John M. Echols & Hassan Shadily. Sejauh ini adalah kamus dwi-bahasa terlengkap untuk mencari makna kata dalam Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

3) Kamus Cambirdge Advanced Learner’s Dictionary. Kamus eka-bahasa (satu bahasa, dari Bahasa Inggris ke Bahasa Inggris) untuk kamu yang ingin mengetahui definisi/ makna suatu kata dalam Bahasa Inggris. Untuk kamu yang suka online, alamat kamus ini dalam bentuk website adalah sebagai berikut: http://dictionary.cambridge.org/

4) Kamus online http://thesaurus.com/. Thesaurus sangat berguna untuk kamu yang memproduksi Bahasa Inggris secara aktif, terutama melalui tulisan, karena thesaurus menyediakan sinonim/ persamaan kata dalam Bahasa Inggris. Kamus ini juga bisa diunduh pengguna BlackBerry, bersamaan dengan kamus eka-bahasa Dictionary.com yang cukup lengkap.

Untuk daftar kamus online yang lain, silahkan lihat di side bar menu di sebelah kanan halaman ini.

Baiklah, dalam menggunakan kamus-kamus tersebut (ataupun kamus Bahasa Inggris secara umum), hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah:

1) Pilih dan milikilah kamus Bahasa Inggris sesuai kebutuhanmu. Jika kamu pelajar dan ingin kamus yang sederhana dan bisa dibawa kemana saja, maka ‘kamus saku’ bisa jadi pilihan. Jika kamu mahasiswa/i yang memerlukan kamus umum yang lebih lengkap, maka kamus Kamus Indonesia-Inggris dan Kamus Indonesia-Inggris adalah pilihan tepat. Jika kamu seorang akuntan dan memerlukan kamus khusus untuk profesimu, maka Kamus Akuntansi adalah pilihan yang tepat. Biasanya kamus khusus semacam ini hanya tersedia dalam satu bahasa saja (Inggris-Inggris), maka kamus umum Inggris-Indonesia pun akan tetap dibutuhkan.

2) Pilih dan milikilah kamus yang berkualitas baik. Ada pemeo yang mengatakan, kamus yang menyebut dirinya sebagai ‘kamus terlengkap’ biasanya bukanlah yang paling lengkap. Pastikan kamu tidak termakan tulisan ini di cover kamus yang kamu beli. Juga, pilihlah kamus dari penerbit yang terpercaya.

3) Setelah mendapatkan kamus yang kamu butuhkan, pelajarilah cara mencari kata dalam kamus tersebut. Hal sederhana seperti bagaimana mencari sebuah kata sangatlah penting. Sangat disayangkan menurut pengalaman penulis, ada banyak pembelajar Bahasa Inggris (muda/ tua) tidak memahami cara mencari kata dalam kamus versi cetak. Hal ini besar disebabkan mudahnya akses internet yang membuat orang malas membuka kamus ini atau.. Memang kita belum terbiasa menggunakan kamus dalam kehidupan sehari-hari. Namun ingat, jika internet down, kamu tidak akan bisa mengaksesnya, dan kebanyakan kamus untuk ponsel tidaklah begitu lengkap (kecuali untuk smart phones). Walaupun tiap kamus mungkin memiliki aturan yang berbeda, namun satu hal  sederhana yang harus kamu kuasai adalah: semua kata dan huruf dalam kamus diurutkan sesuai abjad. Berlatihlah mencari kata dalam kamus sesering mungkin.

4) Juga, pelajarilah elemen-elemen yang digunakan dalam kamus. Perhatikan contoh dalam gambar yang diambil dari http://dictionary.cambridge.org/ berikut:

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pencarian kamu dalam kamus, perhatikan informasi lain yang diberikan selain definisi kata. Dalam gambar di atas, terdapat keterangan noun, contoh pronunciation/ pengucapan dalam UK (aksen Inggris) dan US (aksen Amerika) yang bisa kamu dengar, simbol fonetik, dan simbol [C] yang berarti Countable. Selain definisi, juga disertakan contoh penggunaan kata dalam kalimat yang memudahkanmu untuk menggunakan kata tersebut dalam konteks yang sesuai. Contoh kalimat ini penting, karena seringkali sebuah kata digunakan dengan konteks yang tidak sesuai karena luput dalam memperhatikan hal sederhana semacam ini. Untuk kamus versi cetak, elemen yang digunakan pastinya berbeda.

5)  Yang terakhir, jangan menghapal semua kata dalam kamus. Ungkapan kalau kita harus ‘menghapal’ kamus itu tidaklah benar. Selain memang karena hal tersebut tidaklah mungkin untuk dilakukan. Gunakan kamus sesuai dengan kebutuhanmu saja.

Sekian tips menggunakan kamus Bahasa Inggris yang baik. Semoga bermanfaat. Dan ingat, seberapa lengkap dan canggihnya kamus yang kamu miliki di rumah, kalau tidak sekalipun kamu gunakan, sama saja = bohong. Jadi tiap kali kamu menemukan kata baru/ sulit yang tidak kamu pahami, jangan tunda untuk membuka kamusmu. Bertemanlah dengan kamus karena ia akan sangat membantu proses belajarmu.

Jangan menyerah, teruslah berlajar, sedikit demi sedikit.

See you in the next article!

2 Responses to “Tips menggunakan kamus Bahasa Inggris”

  1. hujanreda@yahoo.com December 14, 2010 at 09:12 #

    artikel yg bermanfaat. aku punya beberapa tanggapan :)

    1. kamus hassan shadily dwi bahasa itu memang standarlah untuk dipakai namun kalo diperhatikan banyak sekali entry yg tak bisa ditemukan di sana. dengan kata lain gak lengkap. hehe. sepertinya kamus itu dicetak ulang terus tapi gak pernah diupdate. kemarin aku lihat di toko buku ada kamus baru dwibahasa inggris-indonesia terbitan mizan. lumayan tebal tapi tampaknya kosakata yg ia muat jauh lebih lengkap ketimbang punya gramedia. jadi kalo ada yg pingin beli kamus baru, punya mizan itu kayaknya layak dipertimbangkan. (ini bukan pesan sponsor lho. hehe)

    2. aku pikir untuk pelajar/mahasiswa/awam, kamus cambridge advance agak terlalu berat. entry bahasa inggris diterjemahkan dengan bahasa inggris yg kerap kali ga mudah. saranku memakai kamus cambridge yg sama namun edisi students/learners.

    3. untuk kamus handal gratis nan ringan yg bisa dipasang di netbook bisa pakai wordweb. (wordweb.info) tapi ia kayaknya masih jalan di windows aja. tapi asyiknya, kamus ini bisa dipakai offline maupun online sekaligus -untuk pencarian tahap lanjut. highly recommended :)

    salam

    • nenonenoneno December 20, 2010 at 10:47 #

      Thanks for the response Pak Ibnu. Coming from you, it means a lot, since you are a librarian for a university’s Language Faculty.

      Yup, untuk pelajar/ mahasiswa bisa menggunakan Cambridge Dictionary untuk Students/ Learners. And as for no 1. and 3., I’m gonna check them out myself. Thanks again..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: